Kamis, 15 Januari 2009

Belajar Billiard

Billiard menurut saya bisa diartikan sebagai Olah Raga tapi juga bisa diartikan sebagai hiburan. Sebab jenis olahraga ini memang salah satu olahraga yang bisa menghasilkan prestasi tapi juga mempunyai aspek yang sangat menghibur untuk dimainkan. Sayangnya kalo hanya asal nyodok dan bola tidak masuk2 kan juga boring kan ?? :d . Makanya di blog ini saya ingin berbagi pengalaman ma temen2 tentunya dalam hal ini sama dalam hal berbagi pengetahuan. Kalo ada yang kurang bener ya harap maklum... :d namanya juga masih belajar.....
Ini sebagian teori dasar maen billiard supaya jadi koreksi pembelajaran bersama khususnya bagi sesama pemula yang hobby dan suka maupun yang ingin belajar Billiard. Tentunya tulisan saya ini masih jauh dari sempurna karena belum berdasarkan acuan buku mana pun. Janji deh ...ini lagi ngumpulin buku referensi dan sering nanya ma master billiard n yang ahlinya dalam billiard yang nantinya PASTI akan dibuat jadi tulisan dalam blog ini. Jadi untuk sementara teori yang saya tulis ini merupakan pemahaman dan pengalaman saya dalam bermain billiard selama ini ( tapi masih aja tetap Cupu ....:d ) Menurut saya teknik dasar ini sangat penting untuk pemula dan yang baru mau belajar billiard. Karena saya sering berbagi dengan orang yang baru belajar dengan metode ini… tapi bukan berarti saya jago / ahli maen billiar, saya cuma mau membagi pengalaman saya. Dan saya harap jika ada yang salah atau tidak benar ya maaf namanya juga belajar...:d. Tapi tolong dikoreksi ya agar ke depan menjadi lebih baik. Nah langsung aja deh kita mulai sharingnya.....
POSISI BADAN & KAKI
· Posisi badan dan kaki diusahakan seimbang . Berat badan jatuh di tengah2 jadi imbang sehingga sewaktu melepaskan / mengayun stick terasa nyaman.
· Merenggangkan kaki dengan posisi L kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang dengan membentuk sudut 45 derajat.
· Untuk posisi kaki yang ditekuk terserah bisa kaki kanan atau pun kaki kiri tergantung dari mana pemain merasa nyaman dengan posisi bola yang akan dipukul.
· Yang perlu diingat adalah ketika setelah memukul bola badan jangan terburu-buru berdiri sb ini adalah salah satu kesalahan fatal dari pemain yang baru belajar.
TANGAN
· Tangan Kanan : Sewaktu tangan memegang stik posisi menggenggam tapi jari tangan lemas dan lentur ( seperti memegang palu sewaktu utk memukul paku kan tidak mungkin kaku ) intinya 3 jari tangan yang menjepit stick billiard ( lentur ) yaitu antara ibu jari , telunjuk dan jari tengah yang memegang stick sedang jari lainnya yakni jari manis dan kelingking hanya menempel stick.
· Ayunan stik berasal dari siku tangan BUKAN dari bahu lho.... jadi bahu tangan tetap naik sedang speed / tenaga lari bola berasal dari ayunan siku tangan kanan.
· Ayunan jangan terlalu banyak ... Maksudnya ayunan harus ada iramanya . Contohnya ayunan stick 3x ayunan dan jangan terlalu panjang krg lbh ya 20 cm lah. Iramanya sbg cth 1 , 2 , 3 berhenti diulang 3 x baru siap untuk dilepaskan / didorong / push jangan tegang / kaku. Usahakan pertama kali menaruh stick jangan lsg diayun tapi tempelkan ujung stick ke bola putih dan pastikan arahnya stick sudah pas belom ke arah target bola. Yang perlu diingat sewaktu mendorong bola usahakan bahu lengan tangan kanan tidak turun terlalu banyak .
· Posisi tangan kiri atau bridge stick harus kokoh seperti sedang menarik kain laken meja dan jangan terlalu jauh dengan bola putih. Kira2 satu jengkal dengan bola putih.
· Sewaktu menusuk / melepas bola stick tidak boleh keluar / lepas dari bridge tangan kiri.

MATA
· Pandang dengan konsentrasi sudut target bola sebelum meletakkan posisi stick.
· Kalo sudah yakin sudut bola kemudian arahkan stick ke target bola dan pastikan ulang apakah ujung stik udah pas ke target bola yang mengarah ke lobang yang dituju. Cara membidik bola target adalah arahkan mata pertama kali ke bola putih kmd bola target apakah sudutnya sudah pas ke lobang ? Jika sudah maka tidak boleh melirik ke lobang lagi jadi tinggal bola putih kmd sudut target bola. Diulang sampai yakin dan kmd ayunkan irama stick rasakan speed cue kmd baru stick boleh didorong.
· Usahakan mata jangan berkedip dan tahan nafas sehingga didapat feeling seperti seolah-olah kita mau membidik target dengan senapan angin. Kan tahan nafas supaya tidak goyang.... :d
POSISI STICK
· Posisi stik sebelum diayun adalah datar meskipun untuk door / Follow , trek / drop shot . Kecuali utk posisi bola tertentu kan disesuaikan dengan kebutuhan.
· Posisi stick berhenti ketika akan dilepaskan sebab untuk merasakan feeling berapa besar speed yang dibutuhkan untuk placing bola berikutnya.
· Posisi stick sewaktu menusuk / memukul bola jangan terlalu dalam ke bola putih sb supaya tidak goyang . ( Akurasi nya lebih baik ).
· Selesai memukul stiknya jangan langsung diangkat sehingga diharapkan pukulan tidak goyang.
MENTAL & STARTEGI
· Jangan takut bola tidak masuk / tidak yakin dengan sudut bidik kita. Semakin sering takut maka kecemasan yg akan terjadi. Intinya smua itu berdasar konsentrasi dan ketelitian seseorang.
· Berlatihlah seperti bertanding dan bertandinglah seperti berlatih. Dengan mental atau sikap kebiasaan ini maka kita akan terbiasa dengan sikap santai tapi serius dan sebaliknya.
· Jangan Takut kalah dan memikirkan sesuatu di lain hal sewaktu memukul bola.
· Kesabaran , Teliti & Konsentrasi.
· Jangan pernah menganggap remeh bola gampang ataupun lawan kita meskipun di bawah kita..
· Jangan pernah kesal , kecewa / frustasi dengan keadaan bola , sikap lawan. Biarkan saja mengalir apa adanya. Tetap semangat.
· Yang paling penting sebelum memulai pertandingan adalah Berdoa ... Pasti Lhoooo
Itu dulu ya sementara tulisan yang saya dapat buat.. tolong dikoreksi dan dibantu lewat coment2 nya . next artikel akan saya tulis sementara saya mau cari materi lewat buku billiard dulu ya...Blm dapet2 nih.. Aw gatal tangan mao latihan dulu ahhh.....
semoga membantu.

44 komentar:

  1. keren,cukup baik untuk teori pemula:-)

    BalasHapus
  2. thanks.... bisa jadi inspirasi dan semangat saya bermain..., buat aku walaupun kalah gak masalah yang penting puas dengan permainan yang kita mainkan. thanks dan thanks..

    BalasHapus
  3. danke... q jg baru 2 x maen biliard... bisa dibayangin gimana cupunya saat maen p'tama..hehe sampe2 ce2 cengar cengir liat p'mainan q yg aduhai memalukan..hoho
    tapi, g bisa dipungkiri q mulai tertarik dgn cool sport ni.. n pengen bisa mahir b'main ni...
    skrg lg mw cri temen yg bs ngajarin q dg ikhlas..hehe
    senang bs buka blogmu n nemuin basic tips bwt pemula kayag q...
    se X lg.. danke/thanks/mokasih

    BalasHapus
  4. lupa.. coba u masukin imagesnya tw video, biar lebih muda dipahami..qey

    mokaseh buat M.FIKRI,MAMAd dkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. liat video biliar ku http://bit.ly/XEuwdT
      terima belajar biliar
      add my pin bb 2664 7b9d
      ok thanks

      Hapus
  5. kereeen niich tips nya__!!
    gw juga hobby billiard nech, walaupun hanya sdikit-sdikit....he
    izin copas ya boss,

    BalasHapus
  6. keren mas buat pemula.trus cara belajar main efek gmana ya mas

    BalasHapus
  7. Saya sangat berterimakasih atas tehnik dasar yang diberikan yang cukup bermanfaat bagi saya yang sedang belajar tehnik dasar bilyard. mator nuwon yo mas

    BalasHapus
  8. Mr breaxer9 Ysh,
    Salut dan anggkat topi buat tulisanya,mengingat sulit sekali untuk mendapatkan buku tentang billiard. Kalaupun ada harganya lumayan mahal.
    Kalau boleh tambahin sedikit[ma'af bukan menggurui].
    Sebelum melakukan latihan pilihlah stick,yang rata
    kemudian ujung stick, ini sangat berpengaruh pada saat memukul bola.[syukur syukur punya sendiri]
    satu lagi persiapkan fhisik,kelihatannya sepele tetapi sangat berpengaruh pada permainan billiard.
    Mata :pusatkan pandangan pada "TITIK BIDIK"
    teorinya tahan napas,titik bidik,ayun
    stick.
    Ma'af sekali lagi bukan menggurui.
    Salam pool abiz.

    BalasHapus
  9. Keren bgt tipsnya mas...........
    Aq bsok bru prtama klai maen BL bakal q cb dech tipsnya.
    Thankyu...
    :-)

    BalasHapus
  10. Salam kenal dan Terimakasih ya bro. Dengan mengajari kita2 semoga tambah mantap mainnya.

    BalasHapus
  11. Makasih atas info nya........cukup bagus buat pemula....

    BalasHapus
  12. keren bnget mas bro.... smoga ilmu mas mkin brtambah dgn smua ini,,ku adalah pmula bnget megang stik aja blum bner jd klo bisa gambar posi2 tngan yg bgus itu di tampilin,bgtu jg posi2 kaki,pkok nya di bhas lebih dlem lg tntang ayunan stik yg bner,oea ku pnya msalah dgn ayunan yg tdk bisa kuat jd mhon klo ntr nerbitin buku nya dbhas y,,satu lg di tunggu buku nya,,smoga kta sama2 berhasil,,mkasih y mas....keren bnget..

    BalasHapus
  13. ada tambahan, waktu melepas tembakan, ini yg sering terjadi. Waktu melepas tembakan dorong habis sesuai irama dan speed. meskipun melakukan Track (Mundur), jangan di hentakkan/impact (boso jowone disentek). Jadi harus dorong habis.
    Jarak ambil ancang-ancang ayunan juga menentukan speed, bila pengen lambat: ancang-ancang ayunannya (gapnya) pendek aja, bila pengen kenceng: ancang-ancangnya (gapnya)jauh. Dan ingat tetap dorong habis, jangan disentek/dihentakkan.
    ancang2 ayunan: jarak bola putih dengan ujung stik
    Tip terakhir
    Untuk efek, jangan terlalu jauh dari titik tengah bola putih apabila tidak terlalu diperlukan dan belum biasa/mahir.
    jarak 0.5 cm saja sudah termasuk efek.
    Jadi kalo pengen lebih ke kiri/kanan sebaiknya yg ditingkatkan adalah speed, jadi biar kontrol bola selanjutnya lebih terarah.
    Kecuali bila sangat terpaksa (bola selanjutnya terlalu jauh) efek poll bisa dilakukan.
    Meja 9 feet, sangat peka sekali dengan putaran bola.
    Tapi tip terakhir ini hanya untuk yg sudah bisa dan tidak asal sodok.
    Banyak pemain pemula mengabaikan 3 hal kecil ini.
    tapi inilah yg akan menentukan kepiawaian selanjutnya.

    BalasHapus
  14. thanks artikelnya,,, :)

    gw bakal tekunin dunia billiard ini sampe gw jadi juara dunia.

    finishing.

    BalasHapus
  15. tips nya sengat bermanfaat mas....
    cara untuk melatih mental gmana mas...kalo cma hiburan maen saya lumayan.tapi kalo taruhan maen nya jelek mas.mohon bantuanya
    THANK'S

    BalasHapus
    Balasan
    1. liat video biliar ku http://bit.ly/XEuwdT
      terima belajar biliar
      add my pin bb 2664 7b9d
      ok thanks

      Hapus
  16. d mana saya bisa belajar atw mengikuti kursu billiard (surabaya)?

    BalasHapus
  17. Ilham mardiansyah3 Juli 2013 pukul 07.01

    Kalo Mau Belajar Sama Atlit dimna sih Saya mw Belajar Saya Selallu Di hina Dengan Teman" Saya Sehingga Saya Berdoa Kepada Tuhan :'(

    BalasHapus
  18. ada yg bukak kursus billiard gak ,.. saya mau untuk daerah surabaya :)
    langsung hubungi 0896 2497 7292

    BalasHapus
  19. Pernah ada yang coba menggunakan meja khusus untuk bermain billyard gak?

    BalasHapus
  20. thanks gan infonya sangat berguna
    bisa ane praktekin nhi ilmunya hehe

    BalasHapus
  21. Supplier Billiard & Cue Stick

    1- Predator Black Model 314-2 UNIP2 Harga Rp. 5.600.000 Baru.
    2- Viking Cue Stick Custom A416 11.75mm V-Pro (USA)
    Baru.
    Harga Rp 4.800.000
    3- Player Stick Cue Matte Black, Harga Rp. 1.530.000 BARU
    Dan Masih Banyak Lagi.

    Minat & Serius

    HUB Kontak Person : – +62-857-5619-0217
    Pin-BB : – 27-A86ACA

    Lokasi &Tempat Penjualan Meja Billiard Kami
    Alamat: Jl. Muding Buit Gg. Rahayu III No.7, Kerobokan, Denpasar-Bali.

    BalasHapus
  22. sipp artikelnya mas brow, ane juga nyusun blog billiard nie, silahkan bergabung di forum, trima kasih
    yang hobby billiard silahkan mampir di blog ini. belajar billiard untuk pemula
    http://nineballcomunity.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  23. sipp, silahkan kunjungi forum kita, nine ball komunity

    BalasHapus
  24. Om dimana ni saya bisa kursus?tlong wa 089651732575

    BalasHapus
  25. Om dimana ni saya bisa kursus?tlong wa 089651732575

    BalasHapus
  26. maksih sob artikelnya,,
    sangat membantu bisa di jadikan sebagai inspirasi,,

    BalasHapus

  27. KUMPULAN SITUS BERITA TERBARU DAN TERUPDATE SETIAP HARINYA DAN SANGAT BERMANFAAT

    https://majalahforbes.com/ >>> situs berita seputar kehidupan sehari hari , politik , dan lain lain , lengkap hanya disini

    http://www.rekanbola.com/ >>> Situs Kumpulan Berita Bola Dan Berita Tentang Kehidupan Sehari-hari Terlengkap dan

    Terupdate Setiap Hari nya ^_^

    https://blog.fastcoin99.com/ >>> Situs Kumpulan Berita Tentang Bitcoin Dan ManFaat Tentang Bitcoin Terupdate

    Setiap Hari nya ^_^

    http://liputanviral.com/-situs berita Terviral seputar kehidupan sehari hari , politik , dan lain lain , lengkap hanya

    disini

    BalasHapus
  28. An amazing article, because here we can learn a lot of new things ... keep going forward friends ... please visit our website plays prediksimatatogel.wordpress.com

    BalasHapus
  29. An explanation that really helped me in learning billyar .... hopefully everyone understands and is helped by the article above ... for those who want to see Togel Prediction please go to www.zonetogel.wordpress.com

    BalasHapus
  30. Daftar Situs PokerV Waah sangat

    membantu banget nii artikelnya gan, Jangan Lewatkan Video Panas Artis Dalam dan Luar Negeri Nonton Selengkapnya Disini

    BalasHapus
  31. How much is a free slot machine for casinos? - Dr. MSD
    The 문경 출장샵 first 원주 출장샵 and only free casino 양주 출장마사지 to play casino slots. slot machine game is played by an 충청북도 출장마사지 adult, one who comes along for a night 경상남도 출장마사지 of fun,

    BalasHapus